Home Berita 40 Kades yang Baru Dilantik Ikuti Pembekalan Pemkab Lamandau

40 Kades yang Baru Dilantik Ikuti Pembekalan Pemkab Lamandau

by superadmin

Nanga Bulik – Sebanyak 40 kepala desa (Kades) terpilih pada Pilkades Serentak Lamandau 2016, yang baru dilantik secara resmi mengikuti pembekalan oleh Pemkab Lamandau, di Aula Setda, di Nanga Bulik, Senin (19/12/2016).

 Pembekalan yang semula direncanakan Januari 2017, dipercepat dengan pertimbangan berbagai hal. Termasuk agar para kades benar-benar siap melaksanakan tugasnya memasuki tahun anggaran baru. “Saya harap para Kades yang baru bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Dalam melaksanakan pemerintahan di desa, Kades harus berpedoman pada ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. Sebab, kalau sampai melenceng, akhirnya berurusan dengan hukum,” kata Bupati Lamandau, Marukan, di Nanga Bulik, Senin (19/12/2016).

Marukan juga menyebut, saat ini tidak sedikit Kades di daerah manapun yang tersangkut masalah hukum akibat tidak mengindahkan aturan dalam pelaksanaan pembangunan, utamanya dalam hal pengelolaan keuangan desa. “Kepada para Kades saya berpesan, laksanakan administrasi pemerintahan sesuai ketentuan yang berlaku, baik administrasi umum, keuangan, barang daerah maupun pembangunan.” Menurutnya, tertib administrasi sangat penting diperhatikan oleh semua Kades, karena pemerintahan harus melewati semua proses administrasi sesuai legalitas hukumnya.

Selain itu, Marukan juga berpesan agar para kades bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat secara baik dan menciptakan keamaman ketertiban masyarakat. “Sekaligus membangun persatuan, kesatuan dan toleransi diantara sesama warga.”Dia menjelaskan, sesuai dengan UU nomor 6 tahun 2014 tentang pemerintah desa, Desa adalah daerah otonom, dimana Kades-nya dipilih oleh masyarakat langsung. Karena desa merupakan daerah Otonomi, maka membuka peluang yang luas bagi Kades untuk melaksanakan pembangunan di desa.

“Tetapi, meski demikian, pemerintahan di desa adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari pemerintah di semua tingkatkan baik kabupaten, provinsi hingga pusat,” pungkasnya. Seperti diketahui, selain mendapatkan arahan langsung dari Bupati Marukan, para kades juga diagendakan untuk mengikuti pembekalan dari berbagai bidang, seperti halnya dari bagian Administrasi Pemerintahan (Adpem), Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) dan juga dari Inspektorat. Para kades juga tampak terlihat semangat dan serius mengikuti pembekalan yang dilaksanakan.
Sumber : Borneonews

Related Articles

Leave a Comment