Home Berita Anggota Komisi IV DPR RI Bersama Wabup Hadiri Tanam Bersama di Persawahan Haur Kuning Desa Bakonsu

Anggota Komisi IV DPR RI Bersama Wabup Hadiri Tanam Bersama di Persawahan Haur Kuning Desa Bakonsu

by superadmin

Nanga Bulik – Anggota Komisi IV DPR RI, H. Hamdhani, S.IP, M.Sos bersama Wakil Bupati Lamandau, Drs. H. Sugiyarto, M.A.P. menghadiri acara tanam bersama (Barinjam) di persawahan Haur Kuning Desa Bakonsu, Kecamatan Lamandau, Sabtu (12/11) kemarin.

“Kita bersyukur dapat bersama-sama menanam padi di Lahan Haur Kuning Desa Bakonsu yang sudah lama didambakan oleh warga untuk menjadi lahan pertanian menetap”, kata Wakil Bupati Lamandau, Drs. H. Sugiyarto, M.A.P saat membacakan sambutannya. Beliau mengatakan kegiatan ini merupakan wahana untuk menggugah semangat kebersamaan baik antara masyarakat, kelompok tani, petani, penyuluh, pemerintah daerah yang bersinergi dengan Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah, Kementerian Pertanian dan didukung oleh Komisi IV DPR RI dan bersama-sama dengan aparat TNI dalam rangka menjaga kedaulatan pangan secara nasional dan khususnya di Kabupaten Lamandau.

“Pemerintah melalui Kementerian Pertanian telah mencanangkan target swasembada pangan dan swasembada berkelanjutan di tanah air. Salah satu upaya yang telah dirancang pemerintah adalah dengan adanya Upaya Khusus Peningkatan Padi Jagung dan Kedelai (UPSUS PJK)” kata Drs. H. Sugiyarto, M.A.P. Selain itu, juga melakukan peningkatan produksi padi jagung dan kedelai yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Lamandau melalui beberapa  program melalui APBN, diantaranya bantuan sarana Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) berupa alat semprot dan herbisida, demikian juga dengan bantuan benih dan sarana produksi padi, jagung dan kedelai pada tahun 2016 ini. “Saya minta agar masyarakat Desa Bakonsu bisa mempertahankan persawahan ini sesuai peruntukannya, jangan dialihfungsikan untuk menanam sawit”, kata Drs. H. Sugiyarto, M.A.P.

Sumber: Humas Kab. Lamandau

Related Articles

Leave a Comment