Home Berita Pemkab Pastikan Pilkades Serentak Lamandau Berlangsung Lancar

Pemkab Pastikan Pilkades Serentak Lamandau Berlangsung Lancar

by superadmin

Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten Lamandau memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Lamandau gelombang I, Sabtu (1/10/2016), berlangsung lancar. Semuanya berlangsung sesuai ketentuan dan jadwal yang telah ditetapkan Panitia Pilkades tingkat kabupaten Lamandau.

Semua logistik dan hasil penghitungan suara telah dibawa kembali ke Sekretariat PanPilkades, Bagian Pemerintahan Setda Lamandau, hari itu juga. “Alhamdulillah, pelaksanaannya (Pilkdes serentak) telah berlangsung dengan lancar sesuai jadwal dan ketentuan yang telah ditetapkan. Semua desa yang menggelar Pilkades telah melaksanakannya dengan baik,” terang Wakil Bupati Lamandau, Sugiyarto, saat dikonfirmasi usai menghadiri kegiatan Pawai Taaruf 1438 H, Minggu (2/10/2016) pagi.

Namun demikian, Wabup juga tidak memungkiri jika di beberapa desa yang menggelar Pilkades ada beberapa riak kecil usai penghitungan suara selesai dilakukan. Hanya saja, sebutnya, hal tersebut merupakan riak kecil bumbu dari pesta demokrasi yang masih dalam batas kewajaran.

“Saya dapat laporan memang ada beberapa calon di satu-dua desa yang merasa kecewa, tapi hal ini sifatnya wajar-wajar saja, hanya bentuk ekspresi kekecewaan karena belum berhasil terpilih, tidak mengakibatkan dampak apapun. Kecewa itu kan wajar saja, dan itu normal,” ujarnya.
Selebihnya, Wabup juga tidak mengatakan apakan kekecewaan atas hasil pilkades tersebut berpotensi terhadap sengketa Pilkades atau tidak.

“Tidak, kita belum kesana (Sengketa Pilkades), nanti kalau toh ada sengketa juga kan pasti ada laporannya. Tapi sementara sampai saat ini tidak ada (tidak ada sengketa),” bebernya. Ditempat yang sama, Wakapolres Lamandau, Kompol Agung Wirata, juga memastikan bahwa keamanan Pilkades serentak di semua desa yang melaksnakan telah berlangsung kondusif tanpa ada kendala apapun.

“Semuanya berlangsung aman dan kondusif, tidak ada kendala keamanan apapun,” tegasnya. Dirinya juga mengatakan, personel Polres sebanyak 80 personel yang ditugaskan sebelumnya akan segera ditarik pada Minggu (2/10/2016) sore.

“Semua tahapannya sudah selesai, kondisi kemananpun terkendali, sebagaimana jadwalnya, kita akan segera tarik pasukan,” tukasnya. Seperti diketahui, pelaksanaan Pilkades serentak di kabupaten Lamandau tahun 2016 gelombang I kali ini, dilaksanakan di 40 dari 85 desa yang tersebar di seluruh (delapan) kecamatan yang ada di Lamandau.

source : Borneonews

Related Articles

Leave a Comment