Home Berita Safari Natal Lamandau 2016 Bupati Lamandau: Pondasi Agama Sangat Menentukan Suksesnya Pembangunan

Safari Natal Lamandau 2016 Bupati Lamandau: Pondasi Agama Sangat Menentukan Suksesnya Pembangunan

by superadmin

Nanga Bulik – Bupati Lamandau, Marukan menilai penentu suksesnya pembangunan tidak hanya disokong oleh potensi sumberdaya alam maupun kecerdasan intelektual sumberdaya manuasia. Selain itu, ada aspek yang sangat menentukan pembangunan yakni pondasi rohani dari sumberdaya manusia.

“Artinya, walaupun Lamandau memiliki sumberdaya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang cerdas secara intelektual, tetapi tanpa ditopang oleh SDM yang memiliki akhlak dan moral baik, semuanya akan sia-sia,” ujar Marukan, dalam kesempatan menghadiri Kegiatan Safari Natal 2016, kemarin.

Bupati Lamandau dua periode itu juga menyebut, kepintaran dan kecerdasan intelektual seseorang atau pegawai pemerintahan sangatlah penting, tetapi jika tidak didukung dengan mental yang baik sehingga mudah tergoda oleh ajakan yang sesat maka akan sangat rentan untuk melakukan penyalahgunaan kedudukan.

Marukan mengemukakan, pegawai korup, bekerja asal-asalan dimanapun itu misalnya, merupakan contoh nyata bahwa mentalitas dan moralitasnya lemah. Untuk itu, ia mengaku, tidak bosan-bosannya terus mengingatkan, jangan berharap pembangunan akan sukses jika pondasi bidang kerohaniannya lemah. “Karena itu, dalam visi misi pembangunan di Lamandau selama ini, kami pastikan bahwa program pembangunan sektor kerohanian samasekali tidak boleh dilupakan, malah justru harus didahulukan.”

Misalnya, sambung dia, tidak menomorduakan perhatian terhadap lembaga-lembaga keagamaan, apapun agama dan kepercayaannya. Termasuk tokoh-tokohnya terus kita perhatikan seperti kita berangkatkan untuk mengikuti ibadah setiap tahunnya baik berupa umroh (bagi yang muslim), perjalanan rohani (bagi kristen dan katolik) dan perhatian dalam hal yang sama untuk umat dengan kepercayaan lainnya.

“Pembangunan fasilitas keagamaanpun terus kita dukung penuh dengan semaksimal mungkin. Dan harus kita syukuri, sejak terbentuk sebagai daerah otonomi baru, pembangunan Lamandau terus merangkak signifikan, bahkan dibuktikan dengan banyaknya penghargaan di berbagai bidang yang capai pemerintah daerah dari tahun ke tahun,” tegasnya.

Untuk itu, lanjut dia, sejak dini mari mulai bangun moral yang baik mulai dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar, jaga anak-anak dari pergaulan yang tidak baik dan biasakan hidup positif dan sehat, yang akan menjadi contoh dan panutan anak-anak.

“Saya optimistis, ke depan Lamandau akan lebih baik dari tahun sebelumnya, mari kita ciptakan generasi Lamandau yang cerdas, bermoral dan berakhlak baik serta mempunyai karakter, dan dengan penyertaan Tuhan saya yakin Lamandau akan diberkati Tuhan secara luar biasa,” sebutnya.

Bersamaan dengan akan tibanya perayaan hari raya Natal, dirinya juga mengajak seluruh umat Nasrani yang ada di Kabupaten Lamandau, untuk menyambut Natal dengan hati yang terbuka untuk kehadiran juru selamat, dalam kesederhanaan yang sesungguhnya.
Sumber : Borneonews

Related Articles

Leave a Comment