Home Berita Tanam perdana Jagung desa Bukit Raya

Tanam perdana Jagung desa Bukit Raya

by superadmin

Tanam perdana Jagung di Lahan Replanting Sawit desa BukitRaya Kecamatan menthobi Raya (16/12).

Bupati Lamandau Hendra Lesmana hadir secara langsung padapenanaman perdana jagung tersebut, serta menyampaikan sambutan dan arahannyaagar kelompok tani dapat memanfaatkan secara optimal alat dan mesin pertanian(ALSINTAN) dalam usaha tani. Alsintan memiliki peranan penting dalam kegiatanusaha tani karena dapat mempercepat pengolahan lahan yang luas dan kesulitantenaga kerja didesa serta dapat memberikan mutu hasil produk pertanian yanglebih baik.

“Harapan kami agar seluruh pihak terkait dapat bahu membahubersama pemerintah Kabupaten Lamandau dalam upaya menjaga kemandirian pangan didaerah dan berupaya mencapai surplus produksi pangan kedepannya”, ungkap HendraLesmana.

Dalam kesempatan ini pula Bupati Lamandau menyerahkan secaralangsung bantuan insentif bagi petani/ kelompok tani.

Berdasarkan Laporan kepala dinas pertanian dan Perikanan,Tiryan Kuderon, kondisi tanam tahun ini menurun akibat terkendala panjangnyamusim kemarau sehingga pihak KUD menunda penanaman agar bibit tidak mati. Dari luasankebun yang sudah tanam tersebut telah direncanakan KUD/Petani untuk ditanamkomoditas jagung seluas 14 Ha sebagai tanaman tumpang sari. Selain jagung,diselatanaman sawit juga memungkinkan untuk ditanami padi, cabai, semangka dan sayur-sayuran sesuai komoditas yang disepakati KUD serta menyesuaikan musim. (MR)

Related Articles

Leave a Comment