Home Berita Tingkatkan Kepedulian dan Kesadaran Ttg Pentingnya Kesehatan Bayi Dinkes Gelar Lomba Balita Sehat

Tingkatkan Kepedulian dan Kesadaran Ttg Pentingnya Kesehatan Bayi Dinkes Gelar Lomba Balita Sehat

by superadmin

Nanga Bulik. Untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan bayi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamandau menggelar Lomba Balita Sehat. Kegiatan ini juga merupakan wujud dan tanggung jawab Dinkes Lamandau dalam rangka menurunkan angka kematian anak.

“Selain itu, melalui lomba ini petugas dan pengelola program juga dapat memberikan arahan dan pembinaan kepada masyarakat, khususnya para ibu dalam mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada bayinya”, kata Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Lamandau, Purwanto. Beliau menjelaskan bahwa aspek penilaian dalam lomba tersebut dilihat dari tumbuh kembang anak, tepatnya dilihat dari tumbuh kembang anak. Dilihat kesesuaian antara usia dengan tinggi dan berat badan anak dan status imunisasi.

Terkait kesehatan balita, Beliau mengatakan bahwa para orang tua dapat meningkatkan peran aktif dalam pembinaan kesehatan balita agar tercipta proses tumbuh kembang anak yang optimal karena balita merupakan masa yang penting dalam pertumbuhan karakter.  “Pada tahap ini (balita) perlu dibentuk landasan yang kuat dari aspek fisik, mental, gizi dan kecerdasan hingga kepribadian anak”, kata Purwanto. Beliau berharap para ibu rutin membawa anaknya ketempat pelayanan kesehatan, seperti posyandu, pustu, dan poskesdes untuk mendeteksi dini masalah gizi. Melalui penimbangan di posyandu dapat diketahui berat badan bayi apakah normal jika dibandingkan dengan umurnya atau dibawah garis merah (kurang gizi).
Sumber: Humas Kab. Lamandau

Related Articles

Leave a Comment